Thursday, March 22, 2007

Daftar Program dan Film dalam "Resfest 2006 Goes to Bandung"

1. EVERYTHING UNDER THE SUN: FILMMAKING WITH A PURPOSE
Saat memeriksa ribuan karya peserta tahun ini, satu hal tampak lebih jelas dari sebelumnya: para filmmaker semakin jauh mendorong diri mereka untuk merespons kompleksitas kehidupan modern secara langsung. Ini adalah koleksi karya dengan gaya sangat berbeda, yang terang-terangan berusaha menyampaikan berbagai isu. Cakupannya luas, di antaranya kerapuhan lingkungan hidup, penelitian stem cell, penggundulan hutan, meningkatnya penggunaan tenaga nuklir, serta pergerakan anti-globalisasi. Pada suatu titik sejarah, saat banyak orang merasakan kebutuhan untuk berlaku lebih bertanggung jawab baik secara individual maupun kolektif, para filmmaker berbakat ini, dengan semangat tinggi untuk membuka jalan, menjadi sumber dukungan dan inspirasi yang berarti.

Jadwal pemutaran:
Kineruku, Senin 26 Maret 2007, Pk. 16:35 - 17:50

Unpad Jatinangor, Rabu 28 Maret 2007, Pk. 12:45 - 14:00

ITB D4 Animasi, Rabu, 28 Maret 2007, Pk. 15:15 - 16:30


BADGERED
UK | 7:00 | 2005
DIRECTOR: SHARON COLMAN
Saat tumbuh dewasa, sutradara Sharon Colman seringkali mempertanyakan perasaan para hewan tentang gudang senjata rahasia pada suatu pusat nuklir, dekat rumahnya di Skotlandia. Dalam film nominasi Oscar yang dibuatnya semasa sekolah, Badgered, ia memakai animasi tradisional buatan tangan untuk memaparkan kisahnya dalam sudut pandang hewan. Sebuah dongeng emosional tentang seekor teledu yang terbangun dari tidur, karena sebuah truk datang menyimpan senjata di dekat sarang si teledu di lereng bukit.

WHAT WE’VE FOUND OUT ABOUT STEM CELLS
UK | 13:00 | 2006
WRITER/DIRECTOR RICHARD FENWICK
Dalam upaya memaknai suara-suara datar media dalam perdebatan tentang stem cell embrionik*, dan sungguh-sungguh menyelami etika isu tersebut, sutradara Richard Fenwick bekerja sama dengan Pusat Penelitian Biologi Stem Cell dan Genetika Perkembangan di Universitas Newcastle. Hasilnya, film animasi sederhana penuh warna, yang berusaha menguraikan mitos mengenai dunia penelitian stem cell yang kompleks.

AR(R)ÊTES
FRANCE | 4:58 | 2005
DIRECTORS/EDITORS/ANIMATORS: SYLVAIN BLOND, JULIEN CAIL, QUENTIN RICCI
MUSIC: JULIAN VANDENBULCKE
Digarap di sekolah animasi Perancis Supinfocom, Ar(r)êtes memanfaatkan teknik multimedia dan animasi singkat-padat penuh ancaman untuk menunjukkan bahwa limbah industri yang ditumpahkan ke dasar laut dapat mengakibatkan hal-hal di luar kuasa manusia.

CALIFORNIA COASTAL COMMISSION “NON-NATIVE SPECIES”
USA | 0:35 | 2006
DIRECTOR: STARDUST
Untuk mempromosikan California Cleanup Day, bicoastal studio Stardust menciptakan iklan layanan masyarakat ini, berupa animasi yang menggugah. Karakter CigEgret dari kampanye California Coastal Commission 2005 kembali muncul, menunjukkan kehancuran lingkungan alami sebagai dampak polutan buatan manusia—digambarkan dalam bahasa visual yang mencengangkan.

FOREST CLEARING
UK | 2:53 | 2006
DIRECTORS: SIMON ROBSON, PATRICK VALE
Diproduksi oleh MESH animation scheme dari Channel 4, Forest Clearing menyajikan dongeng peringatan perihal perusakan lingkungan dan kesombongan umat manusia. Seekor rusa pincang melakukan tawar-menawar ala Faust dengan figur jahat yang memiliki ambisi menakutkan. Animasinya dibuat dengan kerja keras: model-model 3-D film tersebut dilukis, di-scan, dicetak sebagai peta-peta UV dan dilapiskan kembali pada masing-masing model.

ALIVE IN JOBURG
CANADA/SOUTH AFRICA | 6:20 | 2005
DIRECTOR/VFX/EDIT: NEIL BLOMKAMP
Dalam karyanya, Alive in Joburg, sutradara peraih penghargaan Neil Blomkamp belakangan ini merekam dan menyutradarai sebuah film panjang yang berdasar pada Halo. Ia membawa karya fiksi-ilmiah Amerika dalam konteks dunia-ketiga. Bertempat di Johannesburg, karya CG ini mempersembahkan dokumenter yang berkutat dengan topik paling mendesak di Afrika Selatan saat ini—masuknya gelombang alien ilegal. Namun, Blomkamp menerjemahkan istilah ini lebih harfiah dari yang Anda kira.*

HUNGRY PLANET
US | 1:40 | 2006
ANIMATION: HOWARD TSAI
Karya ini memenangkan Adobe Design Achievement Award 2006. Hungry Planet mengubah ilustrasi dari cukilan kayu menjadi karya pointed motion (film yang direkam dengan kecepatan rendah, di bawah 60 frame per detik). Dalam bahasa visual, dipaparkan kisah pergerakan makanan organik, menantang para konsumen membayangkan keadaan dunia tanpa makanan yang dimodifikasi secara genetik. Film ini merupakan penghormatan bagi Norman Borlaug, peneliti agrikultur dan pemenang Nobel dari Amerika.

PIZZA SURVEILLANCE FEATURE
USA | 2:20 | 2004
DIRECTOR: MICAH LAAKER
Dibuat untuk American Civil Liberties Union, Pizza Surveillance Feature adalah sebuah animasi Flash sederhana, mengajak kita membayangkan apa jadinya privasi kita di masa depan. Karya ini akan membuat Anda tertawa… dengan gugup.

TRUSTED COMPUTING
GERMANY | 3:30 | 2005
DIRECTORS: BENJAMIN STEPHAN, LUTZ VOGEL
“Trusted computing” menggambarkan teknologi komputer yang akan menolak program tak terdaftar. Ini adalah elemen kunci dalam perdebatan antara hak manajemen digital dan desain software yang open-source. Dokumenter grafis ini mengeksplorasi makna “trust (kepercayaan)” yang sesungguhnya dalam perdebatan tersebut, dan efek apa yang mungkin terjadi dengan masa depan teknologi.

INPUT OUTPUT
JAPAN | 5:15 | 2006
DIRECTOR: TATSUYA IWAKOSHI
Input/Output menguji sebuah siklus yang sangat tua, awal dari kemunculan makhluk hidup berakal (output) di dunia yang sebelumnya hanya berupa alam. Saat makhluk tersebut mati, ia kembali ke alam (input). Demikianlah proses tersebut berulang hingga tercipta manusia (output). Manusia memperoleh pengetahuan dan kebijaksanaan (input), serta menciptakan (output). Namun apa jadinya jika manusia menciptakan sesuatu yang buruk?

B IS FOR BOMB
SOUTH AFRICA | 10:00 | 2005
DIRECTORS: CAREY SCHONEGEVAL MCKENZIE
B is for Bomb terinspirasi dari puisi Thomas Merton di tahun 1962 berjudul “Original Child Bomb”. Seorang anak laki-laki bercerita tentang sejarah era nuklir secara runut, sambil menampilkan berbagai rekaman, gambar serta animasi sejarah untuk alat bantu visual.

WARNING, PETROLEUM PIPELINE
NETHERLANDS | 4:45 | 2005
DIRECTOR/PRODUCER/SCREENWRITER/ANIMATION/SOUND DESIGN: JAN VAN NUENEN
Ketika gurun terpencil berubah menjadi dunia industrialisasi futuristik, mesin-mesin tak terlukiskan mengembangkan mekanisme yang makin kompleks. Gerak ritmik mereka menghasilkan musik latar bagi dunia industri.

GREENPEACE “HALF LIFE”
UK | 2:00 | 2003
DIRECTORS: DAVID LEA, JOHN WILLIAMS
Dengan kamera handheld dan efek visual surealis ala film Blair-Witch Project, video Half Life menyampaikan visi yang menggugah perihal kehidupan hewan serta tumbuhan liar di era pasca-nuklir mendatang.

ONE OF THE WAYS
JAPAN | 4:00 | 2005
DIRECTOR/ANIMATOR/EDITOR/SCREENWRITER/SOUND DESIGN: KEN KURODA
Di sebuah lingkungan tercemar tempat orang menghabiskan hidup dengan melakukan rutinitas yang berulang, panah-panah merah muncul tiba-tiba—membawa sebuah pesan, menunjuk ke suatu arah. Ke mana panah-panah tersebut membawa mereka?

HAIL: THE RETURN OF THE SUN
USA | 2:00 | 2005
DIRECTOR/EDITOR: JOSEPH KAHN
Film pendek karya sutradara Joseph Kahn untuk perusahaan solar raksasa Jerman, Solon AG. Berupa legenda kehancuran Bruckheimeresque dalam skala kecil, menggunakan nilai produksi tinggi dan efek cerdas untuk mengekspresikan jumlah energi matahari yang tak terkira banyaknya.

HUMANS!
US | 1:07 | 2006
DIRECTOR: THREE LEGGED LEGS
Dalam Humans! perkumpulan animator Los Angeles, Three Legged Legs, mempersembahkan 60 detik iklan layanan masyarakat tentang kesadaran global, mengingatkan kita pada masalah yang sedang menimpa bumi: manusia. Bumi, bola hijau gemuk yang lucu dan lugu, tak punya banyak peluang melawan parasit-parasit hitam yang kasar ini. Saksikan bumi menjadi mangsa penyakit fatal tersebut!

==

2. CINEMA ELECTRONICA
Seperti biasa program populer ini menghadirkan kepiawaian para filmmaker berbakat dunia dalam mendongkrak lagu-lagu electronic dan hip-hop lama, dengan video singkat yang sarat kelihaian. Menyandingkan grup-grup semacam Basement Jaxx, Hifana dan Massive Attack, koleksi ini dimulai dengan “Smiley Faces” dari Robert Hales untuk Gnarls Barkley—perjalanan mempesona, gabungan Zelig dan “Grey Video” dari Danger Mouse. Di video lain, +Cruz dan Shane Lester menghentakkan “What You Standin’ For” untuk DJ Uppercut dari Jepang. Sepasang seniman baru yang menarik muncul penuh kejutan: David O’Reilly dari Irlandia dengan “Szamar Madar” untuk The Venetian Snares, dan Nadia Micault dari Perancis dalam “L’Amour Made in Taiwan” oleh Sir Alice. Nicolas Randall dari Australia menutup pesta ini dengan “All He Needs”, cover version berani yang dipengaruhi karya Mike Mills “All I Need” untuk Air—parodi sekaligus penghormatan.

Jadwal pemutaran:
Arsitektur ITB, Selasa 27 Maret 2007, Pk. 17:05 - 18:05 (waktu masih dapat berubah)
FSRD Unpas, Kamis 29 Maret 2007, Pk. 10:40 - 11:40
Common Room, Jumat 30 Maret 2007, Pk. 14:00 - 15:00

U GONNA WANT ME: TIGA
US | 3:00 | 2005
DIRECTOR: OLIVIER GONDRY
DJ Tiga asal Montreal, bersama para pendukungnya Thomas Von Party dan Jake Shears dari The Scissor Sisters, menghasilkan inovasi dengan menggunakan glow stick dalam lingkaran 30 kamera. Video ini dibuat dengan software efek khusus milik pribadi sang sutradara, Olivier “Twist” Gondry.

HELLO, I LOVE YOU: ADAM FREELAND
US | 3:40 | 2006
DIRECTOR: HAPPY
Freeland me-remix lagu The Doors berirama breakbeat ini, dan Happy membuatkan videonya. Menampilkan anak perempuan lugu yang menemukan robot jahat sewaktu berjalan-jalan di hutan, lalu membujuk orangtuanya agar diperbolehkan mengambil robot tersebut. Tetapi selama piknik di pedesaan, sang robot menyerang keluarga ala Walton itu, meluluhlantakkan mereka dengan jari-jari logamnya.

NAMPOO: HIFANA
JAPAN | 4:06 | 2006
DIRECTOR: KAZUFUMI KIMURA
Perjalanan sebuah boneka, mengapung jauh ke tengah laut dan terbang tinggi ke langit, dalam dunia psikedelik yang aneh dan asing.

L’AMOUR MADE IN TAIWAN: SIR ALICE
FRANCE | 3:48 | 2006
DIRECTOR: NADIA MICAULT
Jas hujan, topi fedora dan koper metalik, bersama efek flicker yang memperhebat aksi live, menjadi elemen kunci dalam kisah penuh intrik dan spionase ini. Cocok dengan nuansa ketegangan Elektro-pop Perancis ala Sir Alice.

WHAT YOU STANDIN’ FOR: DJ UPPERCUT
JAPAN | 3:46 | 2006
DIRECTOR: +CRUZ AND SHANE LESTER
Tampil eksklusif dalam warna-warna cokelat tanah, provokasi politik dalam bentuk animasi ini mengantarkan pesan propagandisnya lewat citra animasi DJ Uppercut dan rapper Roscoe P. Goldchain, diseling slogan-slogan kunci lagu tersebut.

NO GOOD: PLAN B
UK | 4:00 | 2005
DIRECTOR: DANIEL LEVI
Jika Anda merasa sering tertimpa berbagai hal, Anda akan memahami video stop-motion yang patah-patah ini. Di Rapper dari East London, Plan B, berusaha mengumandangkan syair di tengah pergulatan melawan benda-benda yang mendadak hidup dan menyeretnya kesana-kemari.

SEOUL DIARY
KOREA | 4:16 | 2004
DIRECTOR: HYUNSUK KIM
Hyunksuk Kim menggiring kita ke dalam perjalanan hitam-putih melalui Seoul dengan kecepatan tinggi. Seorang pria muda ingin meninggalkan kota, tapi gagal menemukan jalan keluar.

NEW ME: JAMIE LIDELL
AUSTRIA | 4:26 | 2006
DIRECTOR/DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY/WARDROBE: ALEKSANDRA DOMANOVIC
Sekumpulan pria berpakaian putih-putih membawakan tarian koreografis, berlatar shot-shot suasana jalanan yang berselingkupan seperti karya David Hockney.

TRY TELLING THAT TO MY BABY: THE HEAVY BLINKERS
CANADA | 4:00 | 2005
DIRECTOR/ANIMATOR/PHOTOGRAPH/EDITOR: FLUORESCENT HILL
Ingatkah Anda pada masa kecil, saat kita berharap Negeri Permen benar-benar ada? Montreal’s Fluorescent Hill mewujudkan harapan tersebut dengan animasi manis penuh warna. Sepotong kue mangkok berhias ceri melintasi surga anak-anak yang penuh lollipop dan tongkat peppermint. Hasilnya, visualisasi musik indie-pop mewah nan sedap ala Heavy Blinkers.

FALSE FLAGS: MASSIVE ATTACK
UK | 2:45 | 2006
DIRECTOR: PAUL GORE
Terinspirasi kerusuhan 2005 di Paris, video “False Flag” karya Paul Gore menampilkan potret slow-motion seorang pria Perancis-Arab, terjepit di antara amarah dan ketakutan saat ia menyalakan serta melemparkan sebuah bom minyak tanah. Direkam dengan kecepatan 1000 frame per detik, emosi intens dan detail-detail momen tersebut terasa seperti serangkaian gambar diam.

SOUND MIRRORS: COLDCUT
DIRECTOR: UP THE RESOLUTION
UK | 6:00 | 2006
Sekelompok amuba sederhana berevolusi menjadi cahaya bawah air yang bergelora dalam kegelapan samudera, kemudian naik ke permukaan dengan pola-pola lebih indah. Dalam “Sound Mirror”, para seniman visual diberi kebebasan sesuka hati menafsirkan musik hasil kolaborasi ambisius duo Coldcut tersebut.

SZAMAR MADAR: VENETIAN SNARES
UK | 3:00 | 2006
DIRECTOR/PRODUCER/ANIMATOR/EDITOR: DAVID O’REILLY
Menggunakan animasi abstrak chiaroscuro*, ditandai sistem cuaca buruk yang selaras dengan irama breakbeat lagu ini, murid Shynola dan sutradara Irlandia kawakan David O’Reilly dengan cantik mengiringi perkawinan bass dan orkestra avant-garde Venetian Snares.

THE VELVET CELL: GRAVENHURST
UK | 3:10 | 2005
DIRECTOR/ANIMATOR: THOMAS HICKS
Sutradara Thomas Hicks telah bekerja dengan Gravenhurst sejak memenangkan kontes penyutradaraan video mereka dua tahun yang lalu. Dalam “ The Velvet Cell”, Hicks memakai animasi mirip blueprint untuk menciptakan sebuah dunia utuh yang ganjil, dengan infrastruktur kacau balau dan tembus pandang. Orang-orang bergegas ke segala arah, tidak sadar kehidupan mereka sedang dipertontonkan.

GRV 2283: GROOVISIONS
JAPAN | 4:30 | 2006
DIRECTOR: GROOVISIONS
Sebuah animasi diagramatik menarik dari Jepang, dibuat untuk nomor funk yang penuh gairah, menampilkan berbagai pola dan gangguan aneh khas kehidupan modern perkotaan. Video ini terus-menerus menayangkan rekaman tampak atas sebuah parade urban ganjil, yang bergerak melalui taman-taman dan jalan-jalan kota. Akibat karisma sang pemimpin yang berkaki karet, parade tersebut terus menerus memikat anggota baru—termasuk seekor kuda aneh.

BIRDS: VITALIC
FRANCE | 2:58 | 2006
DIRECTOR/PRODUCER: PLEIX
Dengan maksud mengubah subyek sehari-hari menjadi sesuatu yang asing, Pleix memilih anjing untuk film pendeknya, khusus untuk musik acid-electro Vitalic yang bergairah (Apa? Anda mengharapkan burung-burung?). Kelompok asal Perancis ini memakai kamera digital berkecepatan tinggi untuk merekam berbagai jenis anjing kesayangan—dari papillon dan pudel hingga basset hound dan bull terrier—melompat dalam gerak sangat lambat, menghasilkan pengalaman sinematik yang unik. Deskripsi paling tepat untuk video ini: “puppy porn”.

WE ARE YOUR FRIENDS: JUSTICE VS. SIMIAN
FRANCE | 3:00 | 2006
DIRECTORS: ROZAN & SCHMELTZ
Pernahkah Anda terbangun setelah mabuk semalaman, lalu sadar telah dipermainkan oleh teman-teman Anda? Tim sutradara asal Perancis Rozam & Schmeltz mengeksplorasi rasa malu dan kegembiraan “nesting,” sebuah tradisi murid sekolah putra untuk menumpuk berbagai macam benda di atas tubuh seseorang yang telah meninggal.

==

3. VIDEOS THAT ROCK
Setelah setengah dekake pembelajaran yang diikuti ledakan jumlah seniman indie, perusahaan rekaman akhirnya menyadari kelebihan karya-karya konseptual dibanding video berformula baku. Dalam program RESFEST 2005, Videos That Rock, animasi untuk band-band yang sedang naik daun seperti The Arcade Fire dan Bloc Party memyajikan narasi menohok dalam kemasan visual maya yang menghibur. Fotografer dan seniman digital kelas dunia Charlie White menggunakan boneka untuk mengeksplorasi peluang tematik bagi lagu Interpols “Evil”. Program ini juga menampilkan sutradara papan atas seperti Jonas Odell, MK12 dan Joseph Kahn. Bersama seorang pendatang baru berbakat, sutradara seperti Lobo dan Michael Gondry menggunakan animasi komputer, stop-motion maupun animasi tradisional, juga efek khusus berwarna-warni serta video digital tanpa editing. Hasilnya adalah serangkaian karya visual memukau yang sepadan dengan jiwa band-band seperti Soulwax, LCD Soundsystem, Guided by Voices, The Flaming Lips, Lemon Jelly dan The Shins.

Jadwal pemutaran:
Kineruku, 26 Maret 2007, Pk. 18:20 - 19:35
Unpad Jatinangor, 28 Maret 2007, Pk. 10:40 - 11:55
ITB D4 Animasi, 28 Maret 2007, Pk. 13:45 15:00

YOU GOTTA HOLD ON: THE FLAMING LIPS
BRAZIL | 4:33 | 2005
DIRECTOR/ANIMATOR: LOBO
Karya animasi hibrida ini pada dasarnya merupakan cerita tentang gejala jaman,saat robot muda yang berusaha menemukan tempatnya di dunia terpaksa menghadapi konfrontasi menegangkan, ditambah dengan kehilangan satu kakinya.

HOW ABOUT THAT: GISLI
BELGIUM | 3:00 | 2005
DIRECTOR: PIC PIC ANDRE
Seorang penyanyi lagu daerah melakukan perjalanan untuk menyampaikan pesan kebenaran pada orang-orang. Pesannya menyebar dengan cepat, dan saat malam tiba, api unggun di depan kemahnya telah dikelilingi oleh pengikut setia.

THE SHOUTY TRACK: LEMON JELLY
UK | 3:50 | 2005
DIRECTOR/ANIMATOR: AIRSIDE
Sebagian terinspirasi dari “metalheads who spray-paint their dog”. Dengan medium pena dan tinta, video nakal bertema remaja ini menampilkan para rocker tak berleher, berpesta di atas halaman buku notes bergaris yang bertuliskan tata-tertib kampus. Ditambah pula dengan berbagai gambar kekerasan, kekacauan umum serta berbagai hal yang ganjil dan buruk.

EVIL: INTERPOL
USA | 3:28 | 2004
DIRECTOR: CHARLIE WHITE
Tabrakan mobil yang dahsyat mengakibatkan trauma mental pada sebuah boneka berwajah kelabu. Paramedis kemudian datang, merawat luka dan membawanya ke Unit Gawat Darurat untuk diperiksa.

DRINK TO MOVING ON: GRAND NATIONAL
USA | 3:18 | 2004
DIRECTORS: RAMON & PEDRO
Berdasarkan videogame tahun 80-an Tetris, video ini mengisahkan versi manusia dari salah satu blok game tersebut. Dengan sedih ia menjalani rutinitas harian, kehilangan satu per satu bagian dirinya saat bersentuhan dengan blok-blok Tetris lain.

E TALKING: SOULWAX
UK | 3:35 | 2005
DIRECTOR: EVAN BERNARD
Direkam langsung dari kelab malam London’s Fabric, video satir ini mengecam dance music yang terkenal dekat dengan kecanduan narkotika illegal. Disampaikan dengan cara yang menyerupai segmen pendidikan alfabetik Sesame Street.

DAFT PUNK IS PLAYING AT MY HOUSE: LCD SOUNDSYSTEM
USA | 3:20 | 2005
DIRECTOR: CHRIS CAIRNS
Kerumunan manusia berkumpul dalam kilau LED Technicolor yang berkedip seirama hentakan ritmik lagu ini, sementara James Murphy dari LCD mengadakan pesta di rumahnya di New York. LED-LED menginvasi pesta tersebut hingga akhirnya menguasai tubuh Murphy.

PIONEERS: BLOC PARTY
UK | 3:37 | 2005
DIRECTOR/ANIMATOR/EDITOR: MINIVEGAS
Syair gelap tentang betapa nikmat dan bahayanya menjadi seorang perintis yang membuat gebrakan. Kisah surealis di balik animasi ini terinspirasi dari mimpi buruk yang aneh, fiksi detektif dan dongeng politik.

FEELS JUST LIKE IT SHOULD: JAMIROQUAI
UK | 3:37 | 2005
DIRECTOR: JOSEPH KAHN
Pentolan Jamiroquai Jay Kay terdampar dalam sebuah dunia surreal yang kumuh, lalu berubah wujud dalam berbagai karakter—dirinya, pengemis dan Candyman yang menjijikan. Lantunan kata-kata psikedelia jalanan berkumandang saat Jay Kay berjuang melawan berbagai identitas dirinya.

HUMAN: CARPARK NORTH
DENMARK | 2:31 | 2005
DIRECTOR: MARTIN DE THURAH
Dengan fotografi yang menawan, video ini menggambarkan emosi-emosi kuat pada masa pra-pubertas. Sekelompok anak berpakaian lebih dewasa dari umur mereka, menampilkan gerakan tarian yang makin lama makin mustahil, mengungkapkan kerapuhan sekaligus kekuatan.

ROMANTIC DEATH: THE SUN
USA | 3:14 | 2005
DIRECTORS: ALEX NAM
Menampilkan footage dari beautyagony.com (situs yang didedikasikan untuk glory orgasms), seri video ini direkam dengan pillow’s eye view (sudut pengambilan gambar dengan kamera mengarah tegak lurus ke atas), menggambarkan berbagai macam ekspresi wajah dalam perjalanannya menemukan kepuasan seksual.

I WONDER: THE WILLOWZ
USA | 3:31 | 2004
DIRECTOR: MICHEL GONDRY
Seorang gelandangan dekil menemukan benda-benda dengan manfaat tak terduga saat mengais tumpukan sampah kota. Benda-benda tersebut dibangunnya menjadi kendaraan radikal model baru,yang menjadikannya anggota kaum glamor—setidaknya untuk sesaat.

SMILE: MAD ACTION
SWEDEN UK | 3:52 | 2004
DIRECTOR/EDITOR: JONASL ODELL
Lagu manis-getir tentang kehilangan cinta ini diceritakan melalui animasi yang terus-menerus berubah wujud, memperoleh estetikanya dari semua pergerakan seni utama di abad 20.

MA MÉLODIE: M
FRANCE | 3:47 | 2005
DIRECTOR: CYRIL HOUPLAIN
Karakter seni bergaris sederhana, dengan sifat-sifat iblis samar, mengeksplorasi dunia dua dimensi yang bergolak pasang-surut seiring dengan melodi mengawang M.

THE LONG VEIN OF THE LAW: SUBTLE
UK | 3:23 | 2005
DIRECTOR: SSSR
Dalam rujukan politik yang hanya sedikit disamarkan ini, sekelompok robot alien raksasa meluluhlantakkan metropolis Selatan sebelum akhirnya dihentikan oleh seorang pahlawan yang meragukan.

NEIGHBORHOOD #3: THE ARCADE FIRE
CANADA | 5:12 | 2005
DIRECTORS/ANIMATORS: PLATES ANIMATION
Sedikit mirip badai es raksasa tahun 1999 yang membekukan pusat Kanada, video ini menampilkan sekelompok preman jalanan yang berlarian melalui Old Montreal sambil menarik putus seluruh kabel listrik kota, sementara para tetua kota mengejar mereka.

BACK TO THE LAKE: GUIDED BY VOICES
USA | 2:43 | 2005
DIRECTOR/EDITOR: MK12
Benih bunga matahari tersesat menebarkan akar-akarnya di tanah, menyediakan struktur bagi sebuah narasi bersengkarut yang menghubungkan hidup seorang gadis dengan pemuda dalam tampilan bergaya sinar-X.

PINK BULLETS: THE SHINS
ISRAEL | 3:48 | 2005
DIRECTOR/PRODUCER/ANIMATOR: ADAM BIZANSKI
Untuk mempertahankan suasana lagu yang sepi dan sedih, video ini menyajikan narasi stop-motion melankolis tentang sekelompok sapi kertas yang terpenjara, serta kenangan akan hari-hari indah di masa lalu.

MAGIC: MARBLES
USA | 1:55 | 2005
DIRECTORS: GREG GILPATRICK
Sejumlah elemen grafis penuh keceriaan, dari “roda ajaib” untuk pengambilan keputusan hingga pusaran gelombang satu dimensi, berdenyut dan bergerak naik-turun dalam klip animasi menohok namun efektif ini.

TRIBULATIONS: LCD SOUNDSYSTEM
USA | 4:07 | 2005
DIRECTOR: DOUGAL WILSON
James Murphy dari LCD menjalani petualangan nekat saat berjalan melewati serangkaian lingkungan yang saling terhubung, berselang-seling antara proyeksi 8mm dan dunia materi yang nyata.

THE JOKER: FATBOY SLIM
USA | 3:32 | 2004
DIRECTOR: JON WATTS
Steve Miller mungkin tidak setuju, tetapi video yang begitu lucu sampai hampir memuakkan ini menampilkan seekor anak kucing berbulu lembut berperan sebagai “midnight joker”. Si kucing melakukan perjalanan penuh bahaya menuju metropolis bangsa kucing, untuk mencari musik, bahaya, dan kegairahan.

==

4. BY DESIGN
Survey tahunan kami terhadap motion graphic, pencitraan komputer, teknik animasi inovatif serta desain penyiaran terbaik dan terkini kembali diselenggarakan untuk keenam kalinya. Dalam kesempatan ini, program kami meliputi berbagai tingkat ketelitian, baik tinggi dan rendah; menemukan inspirasi yang begitu beragam dari jam kukuk hingga sepak bola; sembari menggunakan kisaran teknik yang luas, dari CGI bernilai seni tinggi hingga animasi stop-motion yang seluruhnya terdiri dari Post-It notes. Ada karya-karya baru yang menawan dari dua anggota 2006 RES 10—pesulap multidisipliner Tokyo, Takagi Masakatsu, menawarkan pameran kemampuan dalam “Bloomy Girls” yang puitis, sedangkan para pahlawan AS Impactist menyajikan sebuah petualangan mistis berjudul Ranch. Sementara, dua pakar visual dan kolaborator langganan RESFEST kembali lagi: Ben Stokes melakukan pemutaran world premiere karya homage-nya terhadap pembuatan film, Dub Projector. Demikian pula Graham Woods dengan video menghipnotis dan membangkitkan kenangan, untuk lagu “Jesse” karya Scott Walker.

Jadwal pemutaran:
Arsitektur ITB, 27 Maret 2007, Pk. 18:20 - 19:25 (waktu masih dapat berubah)
FSRD Unpas, 29 Maret 2007, Pk. 12:25 - 13:30
Common Room, 30 Maret 2007, Pk. 15:15 - 16:20

BENDITO MACHINE
SPAIN | 4:45 | 2006
DIRECTOR/ANIMATOR/SOUND DESIGNER: JOSSIE MALIS
Memakai animasi Flash bergaya siluet yang mengingatkan kita pada lukisan gua, Bendito Machine berkisah tentang dua desa di lereng bukit yang saling bermusuhan. Di puncak bukit, sebuah mesin mirip dewa memberikan berkah bagi kedua desa. Tak lama kemudian, desa yang tamak berencana menghancurkan desa lainnya dan menikmati sendiri semua kekayaan itu. Tapi berapa lama kemakmuran mereka akan bertahan?

MR. BEER: HIFANA
JAPAN | 1:30 | 2005
DIRECTOR: YOSHIKAZU TAKANO
Hifana dikabarkan sangat menyukai bir, dan dalam karya motion graphic mereka yang warna-warni, duo asal Tokyo ini menyajikan katalog virtual tentang berbagai cara menikmati bir dingin ala para pecinta bir. Cara bersendawanya juga.

JESSE: SCOTT WALKER
UK | 6:24 | 2006
DIRECTOR: GRAHAM WOOD
Untuk Scott Walker, penyanyi sentimental veteran asal Inggris yang merupakan kembaran hidup Elvis, Graham Wood menghasilkan video kaleideskopik yang sama menggetarkannya. Ia mencampuradukkan pola-pola Victorian dengan ikonografi grafis masakini (lambang toilet laki-laki dan perempuan, sebuah salib), sehingga menghasilkan pengalaman yang unik dan menggugah.

90 DEGREES
FRANCE | 8:37 | 2005
DIRECTORS: FRANÇOIS ROISIN, RAPHAËL MARTINEZ-BACHEL, JULES JANAUD
Karya eksperimental pemenang penghargaan ini diciptakan di sekolah animasi Perancis, Supinfocom, oleh sekelompok animator Mill. Warna kelabu gelap dan biru cerah digunakan untuk merepresentasikan pembuatan wujud manusia yang diikuti dengan deformasi bentuk, setiap kali mengambil sudut gambar 90 derajat.

MACHINE
JAPAN | 1:56 | 2006
DIRECTOR/ANIMATOR/SOUND DESIGNER: YU FUJII
Sebuah mesin industri dapat berbuat sangat banyak, seperti dalam video desain yang riang dan agak seram ini. Sejumlah besar robot mirip laba-laba dan kera berlompatan, menari serta menandak-nandak, menghasilkan simfoni techno yang cepat dan menghentak.

RANCH
US | 1:00 | 2005
DIRECTOR/COMPOSER: IMPACTIST (DANIEL ELWING, KELLY MEADOR)
Kegemaran Impactist, duo ahli motion graphics asal Portland serta anggota 2006 RES 10, dalam menggunakan teknik out-of-computer tergambar jelas dalam karya mereka. Video singkat ini dibuat tahun lalu untuk ekshibisi Toronto bagi World Wildlife Fund, menampilkan buku-buku yang berterbangan berubah menjadi burung dalam perjalanan kapal ajaib di sebuah perairan mistis.

DUB PROJECTOR
US | 3:46 | 2006
DIRECTOR: BEN STOKES
Ben Stokes, sutradara kesayangan berbagai festival, menghidupkan pita seluloid tua—penuh gambar orang yang memproyesikan pita seluloid tua—dalam syair tentang kecintaannya pada proyeksi film, menggoncang melalui irama drum yang berat.

BORDERLINE
UK | 4:00 | 2005
DIRECTOR/PRODUCER/EDITOR/EFFECTS: ALEX CHANDON
MUSIC: THE DARK POETS
Menggunakan segala cara inversi dan refraksi, sutradara Alex Chadon menampilkan potret surealis kota London yang kehilangan gaya gravitasi untuk menghasilkan pemandangan kota science-fiction dalam khayalan.

PIXSALE
ARGENTINA | 2006 | 1:21
DIRECTOR: GAZZ
Sutradara asal Argentina, Antonio Balseiro dan Agustin Orol, anggota kelompok animasi Mefis.to dari Buenos Aires, menciptakan robot penari dari Post-It notes kuning dengan metode stop-motion.

HYPERARCHI
AUSTRALIA | 2005 | 3:13
DIRECTOR: JIMMY I-HSIU YUAN
Menjelajahi apa yang disebut “konsep arsitektur likuid (dinamis, mengalir)” oleh para sutradara, Hyperarchi memadukan pemandangan terdekonstruksi atas sebuah satelit ruang angkasa dengan grafis dekoratif yang mengalir.

THE BLOCKS
KOREA | 2005 | 2:24
DIRECTOR: MIRI SHIN
Karya sederhana dan tajam dari sutradara asal Seoul Miri Shin. Berkomentar tentang ketegangan yang sudah menjadi sifat dunia game maupun dunia nyata, dengan menggunakan wanita bugil yang berpose sebagai kepingan-kepingan puzzle dalam Tetris versi brutal. Saat keeping puzzle memenuhi layar, Anda kalah!

POESIA URBANA
BRAZIL | 2005 | 1:36
DIRECTORS/ANIMATORS: MARCOS VAZ, ANDRE CAMEIRO
Sebuah kotak sederhana mengandung banyak foto kota, berselang-seling antara arsitektur dan bebungaan, dalam video seni berteknik kolase yang sangat dekoratif ini.

KOPENFENSTER
US | 2006 | 2:59
DIRECTOR/ANIMATOR: MICHAEL TAVAREZ
MUSIC: APHEX TWIN
Terinspirasi dari tipografi Philipp von Rhoden, Kopenfenster menggunakan bentuk-bentuk sederhana yang bersinar seperti neon untuk mengeksplorasi proses penguraian dan regenerasi, dari tingkatan molekuler manusia meluas hingga ke seluruh kosmos.

KU KU
LITHUANIA | 2005 | 1:22
DIRECTOR: RIMANTAS LUKAVICIUS
Setelah menyajikan renungan berbobot terhadap keindahan pahatan ngarai kelabu kuno, Ku Ku menyampaikan kalimat puncak yang tak terduga.

JED’S OTHER POEM (BEAUTIFUL GROUND): GRANDADDY
US | 2006 | 2:55
DIRECTOR: STEWART SMITH
Seniman media Stewart Smith berinisiatif memprogram video untuk lagu karya Grandaddy’s 2000, “Jed’s Other Poem”, dengan komputernya yang pertama—1979 Apple II Plus dengan RAM hanya 48K. Lirik lagu tersebut bermunculan pada layar hijau-di-atas-hitam yang sangat kita akrabi, kadangkala berubah dari barisan kata-kata menjadi bentuk dasar, sebelum kamera ditarik mundur di akhir lagu dan memunculkan basis kode Smith.

TO REVOLUTION AND BACK: ON
NETHERLANDS | 2005 | 2:46
DIRECTOR: ONESIZE
Penuh dengan petanda buntu dan logika berkelindan khas dunia mimpi, montase video suasana yang luar biasa aneh dan indah ini menggabung unsur-unsur alam dengan sistem komunikasi manusia dalam cara-cara yang misterius dan kreatif, menunjukkan bagaimana motion graphic terbaik dapat menihilkan hukum fisika dan membuka sudut-sudut otak yang tersembunyi.

BLOOMY GIRLS
JAPAN | 2005 | 5:37
DIRECTOR/COMPOSER: TAKAGI MASAKATSU
Lukisan video terbaru dari Takagi Masakatsu, alumni 2006 RES 10, mengesankan cat minyak yang bercampur sendiri di atas palet. Kadangkala tampak wajah-wajah samar perempuan dalam gelombang warna dan tekstur, membawa keindahan misterius seperti permukaan danau.

PALE BLUE EYES
SPAIN | 2005 | 2:53
DIRECTOR: LOPE SERRANO
MUSIC: AIR
Pale Blue Eyes adalah telaah penuh cinta atas adegan tunggal dalam karya klasik Terrence Mallick Badlands (1973), saat aktris Sissy Spacek memutar-mutar tongkat mayoret di jalanan. Dengan trik-trik rotoscoping* dan Photoshop, sutradara Lope Serrano mendobrak rangkaian menjadi seni yang menampilkan generasi muda yang lugu dan penuh semangat.

*Rotoscoping = teknik animasi menggunakan alat bernama rotoscope. Rotoscope memproyeksikan frame tunggal dari film gerak nyata (misalnya gerakan orang berlari) ke permukaan gambar, sehingga seniman dapat menyalinnya ke lembaran kertas atau seluloid. Salinan ini dapat difoto kembali untuk membuat animasi bergerak (sumber: Encarta)

BLISSFUL
US | 2006 | 0:35
DIRECTOR: LEFTCHANNEL
MUSIC: FANTÔMAS
Karya motion graphic bergaya siluet ini dieksekusi dengan brilian dan kaya akan detail. Leftchannel dari Ohio mengemas sebuah kisah kejatuhan yang selevel dengan Dante menjadi karya berdurasi kurang dari 1 menit.

PARK FOOT BALL
UK | 2006 | 2:15
DIRECTOR/DESIGNER/ANIMATOR: GRANT ORCHARD
Sutradara Grant Orchard menggunakan citra grafis sederhana untuk memotret sebuah permainan tunggal—dengan komikal memadatkan suasana dan emosi seluruh pertandingan Minggu sore di taman menjadi pertandingan terpendek yang pernah dimainkan.

==

5. SHORTS ONE: STATE OF THE ART
State of the Art, pertunjukan karya pendek usungan RESFEST, mencampurkan aksi live, animasi, motion graphic dan dokumenter. Seperti biasa, kesan internasional sangat terasa dalam koleksi ini, dengan film-film dari Afrika Selatan dan Spanyol, Inggris dan Korea, Belanda dan AS. Sebagai tambahan atas opera megah The Tale of How karya pendatang baru The Black Heart Gang, program ini menampilkan karya menohok dari para kreator yang telah akrab di kalangan penonton RESFEST, termasuk Run Wrake, PES dan Chris Shepherd, plus tiga world premiere dari para alumnus festival—0.08 dari John Kramer, profil muram bocah laki-laki Spanyol yang hampir buta; Food Fight karya Stefan Nadelman, ulasan wisata kuliner yang dipadu dengan sejarah perang; serta kisah thriller konseptual dari maestro RND# Richard Fenwick, The Box.

Jadwal pemutaran:
Kineruku, 26 Maret 2007, Pk. 15:00 - 16:20

THE TALE OF HOW
SOUTH AFRICA | 4:27 | 2006
DIRECTED BY: THE BLACKHEART GANG
Fantasi CGI yang penuh ornamen menawan dan mirip opera ini mengambil tempat di Samudera Hindia. “Burung piranha” hidup di atas punggung seekor gurita raksasa, yang memakan mereka saat sedang lapar. Terancam kepunahan, burung-burung itu mengirimkan pesan dalam botol lewat laut. Seekor tikus putih bernama Eddie menjawab panggilan mereka dan pergi ke pulau dengan membawa rencana pelarian—namun berhasilkah rencana tersebut?

RABBIT
UK | 8:30 | 2006
DIRECTOR: RUN WRAKE
Sutradara Run Wrake mengisahkan cerita fantasi bernuansa gelap tentang hilangnya keluguan dan keadilan acak dari alam, menggunakan citra-citra pendidik yang dipinjam dari masa kanak dekade ’50-an. Saat dua bersaudara menemukan sebuah jimat berkekuatan luar biasa dalam perut seekor kelinci, mereka memperoleh kekayaan besar—namun apa bayarannya?

I AM (NOT) VAN GOGH
USA | 5:00 | 2005
DIRECTOR/SCREENWRITER/ANIMATOR/CINEMATOGRAPHER/PRODUCER: DAVID RUSSO
Seorang artis canggung mengusulkan satu produksi film pada panelis festival seni publik yang kebingungan. Sebuah kisah nyata, diputar berkali-kali, awalnya dimaksudkan sebagai instalasi seni spesifik-lokasi untuk festival Bumbershoot di Seattle.

A PERFECT RED SNAPPER DISH
KOREA | 9:10 | 2005
DIRECTOR/SCREENWRITER/COMPOSER: HONG-JIN NA
Dalam komedi gelap ini, seorang koki yang penuh semangat sama sekali tidak memiliki kecerdasan kuliner. Namun hal tersebut tidak berhasil menghalangi usahanya memasak sepiring hidangan kakap merah yang sempurna.

FOOD FIGHT
US | 5:30 | 2006
DIRECTOR: STEFAN NADELMAN
Food Fight mengisahkan sejarah singkat perang, mulai dari Perang Dunia II hingga sekarang. Makanan digunakan sebagai perlambang dari negara-negara yang berkonflik, dari sushi gulung, ikan dan keripik, sampai hamburger dan kentang goreng. Saksikan bagaimana santapan ini menyerang untuk menguasai dunia, sebuah agresi di meja buffet dalam kronologi yang disusun-ulang.

THE BOX
UK | 8:00 | 2006
WRITER/DIRECTOR: RICHARD FENWICK
Berpola seperti The Outer Limits dan film horor Jepang masa kini, The Box merupakan kisah suspense yang menyeramkan. Realitas keseharian dilebih-lebihkan dengan cara yang tak terpahami. Seorang perempuan pulang bekerja dan melakukan kegiatan biasa—merokok, menuang segelas anggur, menyalakan TV. Namun batasan antara dunia si perempuan dengan dunia dalam televisinya segera mengabur dan tercampur-baur.

SILENCE IS GOLDEN
UK | 14:30 | 2006
DIRECTOR/SCREENWRITER: CHRIS SHEPHERD
Pendiri Slinky Pictures, Chris Shepherd, memadukan aksi live dan animasi dalam fabel suram yang menghibur ini. Seorang bocah laki-laki dan ibunya, dengan perlahan tapi pasti, dibuat sinting oleh tetangga gila yang tak mau berhenti memukuli tembok.

0.08
NETHERLANDS | 11:13 | 2006
DIRECTOR/SCREENWRITER: JOHAN KRAMER
Dokumenter indah ini merupakan potret ramah kehidupan Victor, bocah laki-laki 12 tahun, tinggal di Spanyol. Seperti kebanyakan bocah laki-laki seumurnya, Victor menyukai pantai, marshmallow dan sepak bola. Yang berbeda adalah, kemampuan penglihatan Victor hanya 0.08%, sehingga ia hampir buta.

FOG (NIEBLA)
SPAIN | 7:47 | 2006
DIRECTOR: EMILIO RAMOS
Animasi kisah peri yang elegan dari Spanyol, tentang seorang laki-laki tua yang tinggal di desa miskin yang diselimuti kabut abadi. Mengisahkan kenangan puitis tentang suatu masa, saat berkah tak terduga berupa domba-domba turun dari langit, dalam sekejap mengubah nasib kota tersebut.

TEN THOUSAND PICTURES OF YOU
UK | 2:56 | 2006
DIRECTOR/ANIMATOR/SCREENWRITER: ROBIN KING
Karya pertama sutradara Robin King ini menawarkan animasi meditasi surealis tentang kekuatan penghancur dari kisah cinta yang berakhir buruk. Menggiring kita ke perjalanan jungkir-balik memasuki pikiran rapuh seorang gadis patah hati, saat merencanakan balas dendam terhadap bintang film yang menolak cintanya.

GAME OVER
US | 1:30 | 2006
DIRECTOR: PES
Termotivasi hasrat merakit ulang benda elektronik secara manual, alkemis stop-motion PES melakukan reka ulang lima permainan klasik dengan menggunakan makanan dan alat rumah tangga. Dalam Space Invaders, para penyerang adalah kumbang plastik; dalam Pac-Man, tokoh kuning pemakan titik tersebut berubah menjadi pizza yang diambil satu potongannya. Membawa kita ke perjalanan semi nostalgia menuju tempat yang disebut sang sutradara sebagai “zona hangat dan lembut, tempat seni bertemu dengan hiburan”.

==

6. NEW ORDER: EARLY YEARS
Jauh sebelum video musik dikenal sebagai forum yang giat untuk inovasi visual, bahkan sebelum kolaborasi pertama Peter Gabriel dan Stephen Johnson, New Order, pionir dalam dance music, telah menghilangkan batasan medium. Video-video lagu mereka, pertengahan dan akhir ‘80-an, disutradarai sutradara seperti Jonathan Demme, Robert Longo dan William Wegman termasuk yang pertama kali menampilkan potensi video musik lebih sebagai karya seni ketimbang sekadar alat promosi. DVD terbaru New Order, berjudul Item, berisi videografi lengkap mereka plus expanded version dari Neworder Story, dokumentasi band yang pertama kali dirilis tahun 1994. Sebagai penghormatan, RESFEST dengan bangga menampilkan pemutaran spesial dari video musik New Order, termasuk dua video baru dari lagu klasiknya “Temptation” dan “Ceremony”.

Jadwal Pemutaran:
Common Room, 30 Maret 2007, Pk. 16:20 - selesai

==

7. BANDUNG DIGITIZED (Programmed by VideoBabes)
Program ini menyoroti karya-karya lokal Bandung yang dibuat dengan medium digital dalam kurun tiga tahun terakhir. Berbeda dengan program internasional Resfest, karya-karya dalam Bandung Digitized berdurasi sangat pendek. Dari 11 karya terseleksi, hanya 4 karya berdurasi lebih dari 3 menit, dan sisanya berkisar di satu menit. Meski semua karya dapat dipandang utuh, namun tampak pula beberapa karya muncul lebih sebagai segmen-segmen ketimbang bentuk cerita lengkap. Eksplorasi bentuk yang kaya, kental ciri khas Bandung, secara tidak langsung berhubungan dengan kenyataan bahwa kebanyakan karya muncul lebih sebagai ekspresi permainan bentuk yang berasal dari tema-tema sederhana. Hal ini berkaitan erat dengan latar belakang para pembuat yang hampir seluruhnya berbasis seni rupa atau komunikasi visual. Terlepas dari gaya penceritaan yang minimal, kekuatan karya-karya dalam program ini justru terletak pada kesederhanaan tema yang mendekatkan para penontonnya dengan kehidupan sehari-hari. Kejutan-kejutan estetis maupun emosional pun muncul ketika tema sederhana diolah secara maksimal. Semua orang bisa saja mengangkat kamera digital dan menangkap momen dalam bentuk visual, namun tidadk semudah itu lahir karya video berkualitas. Program Bandung Digitized menunjukkan bahwa suatu karya video hanya dapat berdiri utuh jika bentuk dan isi bersanding sejajar saling melengkapi.

Jadwal Pemutaran:
Arsitektur ITB, Selasa 27 Maret 2007, Pk. 16:30 - 17:00 (waktu masih dapat berubah)
Unpad Jatinangor, Rabu 28 Maret 2007, Pk. 10:00 - 10:35
ITB D4 Animasi, Rabu 28 Maret 2007, Pk. 13:00 - 13:35
Unpas FSRD, Kamis 29 Maret 2007, Pk. 10:00 - 10:30

SUPER DIGITALOSER
01:30 | DIR: YUSUF ISMAIL | 2005
Ungkapan kecemasan sang pembuat terhadap budaya digital dan produksi/konsumsi massal yang identik dengan sistem kapitalis. Dalam bentuk game Super Mario Bros dan gaya pixelated, dikisahkan bagaimana si karakter menjalankan misinya mencari monster digital.

WHEN
01:48 | DIR: YUDI SUHAIRI | 2005
Mengisahkan bumi yang menguji penghuninya melalui bencana alam tsunami. Tragedi yang menyisakan mimpi buruk itu menyadarkan kita bahwa kedudukan alam jauh lebih superior, dan bahwa ada kekuasaan yang jauh lebih tinggi di atas kehendak manusia. Kadang, kita hanya bisa berusaha untuk lupa.

BONNIE AND CLYDE
03:43 | DIR: IRINE STEPHANIE | 2007
Karya animasi yang diadaptasi dari kisah legenda Bonny and Clyde ini menceritakan bagaimana Bonny dan Clyde kecil berpetualang merampok barang milik orang lain dan menyakiti teman-temannya. Medium animasi sengaja dipakai untuk mengkritisi budaya masyarakat sekarang yang begitu pasrah dikontrol oleh komputer.

EAT!
01:05 | DIR: PRILLA TANIA | 2004
Berawal dari kegiatan biologis, 'makan' sebagai salah satu budaya tertua manusia kini telah menjadi gaya hidup modern.

MELANCHOLIA
03:24 | DIR: RANI RAVENINA | 2004
Sesuai dengan judulnya, karya video musik ini menggambarkan kesenduan atas kenangan perjalanan pertemuan sesaat dua orang sahabat.

JACKIE VS CHAN
01:37 | DIR: IRINE STEPHANIE | 2006
Menggambarkan kegelisahan sang pembuat terhadap pengaruh video games pada kehidupan anak-anak masa kini yang membuat mereka seringkali menirukan aksi tokoh-tokoh permainan digital tersebut dalam kehidupan nyata. Dalam karya yang menggabungkan animasi dan moving images ini dua tokoh yang sama bertarung, membuat rancu arti kemenangan maupun kekalahan di akhir cerita.

LOVER BOY
01:18 | DIR: YUSUF ISMAIL | 2004
Mengisahkan pencarian identitas si pembuat, bagaimana ia harus mengambil keputusan dalam bentuk wajah yang berbeda-beda, namun selalu berujung pada jati dirinya. Video ini menggunakan bentuk stop motion, yaitu pengambilan foto secara berurutan yang kemudian digabung dalam bentuk animasi sederhana.

ME VS THE ANGKOTS
05:33 | DIR: RIZKI R. UTAMA (oQ) | 2006
Hidup adalah perjuangan di mana pada akhirnya setiap individu dengan tuntutan dan bebannya masing-masing harus berjuang 'lebih' untuk memperjuangkan kepentingannya masing-masing. Nakal, individualistis, semena-mena, kompetisi tidak sehat, seringkali tampak sangat ramah dalam wajah urban. Video ini menceritakan kesemrawutan lalu lintas dalam 'perlombaan' pemenuhan kepentingan atau kebutuhan para penggunanya. Sebuah 'kompetisi' kecil dengan melibatkan Angkutan Umum (Angkot) sebagai 'Raja Jalanan' dan saya sebagai 'Saya'.

OMNIVORE #1
03:00 | DIR: BANUNG GRAHITA | 2005
Ketika manusia tergantung pada teknologi dan teknologi pada bahan bakar, apa yang akan terjadi pada kehidupan manusia jika suatu saat energi bumi habis dieksploitasi?

BEAUTIFALL
05:00 | MUHAMMAD AKBAR | 2004
Kebingungan di ambang batas keputusasaan, tak tahu harus berbuat apa, hanya diam, menikmati dinginnnya keindahan dari kesedihan, kesendirian, kehampaan.

LOST AND FOUND
01:40 | DIR: FEBIE BABYROSE | 2006
Seorang perempuan yang sedang mencari balonnya. Diperankan sendiri, video ini menganalogikan rasa kehilangan dan kerinduan si pembuat terhadap almarhum ayahnya.

==

"Resfest 2006 goes to Bandung" powered by
Resfest, and:

Kineruku @ Rumah Buku

Jl. Hegarmanah 52
Bandung
(022)2039615

Common Room

Jl. Kyai Gede Utama 8
Bandung
(022)2503404

1 Comments:

At 11:46 PM, Blogger stephe said...

If you want to develop your Film/Media so you want any advices and suggestions for pre-Film
production, Network Production Agreements, Writer’s Agreements, Acquisition Agreements, Director’s Agreements, laws this site will be help full to you.

Film/Media

 

Post a Comment

<< Home